Thursday, April 21, 2016

Luar Biasa, Google ikut memperingati Hari Kartini dengan Doodle-nya

Luar Biasa, Google ikut memperingati Hari Kartini dengan Doodle-nya

Pada hari lahir RA Kartini kali ini 21 April 2016, Google menempatkan Foto RA.Kartini di halaman muka sebagai Google Doodle.  Gambarnya bisa dilihat di huruf O kedua dari tulisan Google. Kalo tak mengenalinya, seperti biasa, arahkan kursor ke gambar itu, maka muncul tulisan, “Hari lahir Kartini ke-137.” Ketika diklik, data-data hasil pencarian mengenai RA Kartini akan terpampang di layar monitor anda.

Ini merupakan hal yang luar biasa.

Jika Anda mengakses Google hari ini, maka pada halaman muka mesin pencari raksasa asal AS tersebut akan langsung hadir sosok RA Kartini yang tampil anggun dengan kebaya sambil membawa buku. Saat gambar tersebut Anda klik, maka Google akan membawa Anda ke mesin pencarian mereka dengan langsung menampilkan kata kunci 'Kartini'.

Tepat 137 tahun yang lalu, Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Kota Jepara, Jawa Tengah. Ia adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Di masa remajanya dia selalu mencari informasi dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.

Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi perempuan, tapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan perempuan agar memperoleh kebebasan, otonomi, dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.

Setelah Kartini wafat, Jacques Henrij Abendanon, yang tak lain adalah suami dari Rosa Manuela Abendanon-Mandri, sahabat Kartini, mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan Kartini kepada teman-temannya di Eropa. Kebetulan saat itu JH Abendanon tengah menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda.

Pada tahun 1922, Balai Pustaka menerbitkannya dalam bahasa Melayu dengan judul yang diterjemahkan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran, yang merupakan terjemahan oleh Empat Saudara. Kemudian tahun 1938, keluarlah Habis Gelap Terbitlah Terang versi Armijn Pane seorang sastrawan Pujangga Baru.
Armijn membagi buku menjadi lima bab pembahasan untuk menunjukkan perubahan cara berpikir Kartini sepanjang waktu korespondensinya. Versi ini sempat dicetak sebanyak sebelas kali.

Surat-surat Kartini dalam bahasa Inggris juga pernah diterjemahkan oleh Agnes L Symmers. Selain itu, surat-surat Kartini juga pernah diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Jawa dan Sunda.

Terbitnya surat-surat Kartini, seorang perempuan pribumi, sangat menarik perhatian masyarakat Belanda, dan pemikiran-pemikiran Kartini mulai mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa.
Pemikiran-pemikiran Kartini yang tertuang dalam surat-suratnya juga menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain Wage Rudolf Soepratman yang menciptakan lagu khusus untuk Kartini dengan judul Ibu Kita Kartini.

Lihat Biography RA.Kartini di Video ini




Maka, sebagai bangsa yang besar. Harus selalu mengingat jasa-jasa beliau dan para pahlawan lainnya

Selamat Hari Kartini

Written by: Deni Sufihar
Kumpulan Berita, Info Unik dan Bisnis, Updated at: 5:52:00 AM

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html